Perfume: The Story of a Murderer, Film Psychological-Thriller yang Menang 15 Penghargaan Sekaligus

Sinopsis Perfume

Perfume : The Story of a Murderer (2006). image via www.tribunnewswiki.com

Perfume, sebuah film yang tayang pada tahun 2006 ini masih terus terngiang hingga sekarang. 

Bagaimana tidak? Saat nonton film ini dijamin kamu akan merasa “ngeri”, bayangkan jika di sekitarmu ada psikopat parfum, pasti Aneh bukan? 

Loading...

Film ini mengadopsi dari novel terkenal, yaitu Perfume (1985) karya Patrick Suskind. Buat kamu yang belum tahu, langsung saja simak sinopsis Perfume berikut ini.

Informasi Lengkap Film Perfume: The Story of Murderer

1Judul:Perfume: The Story of Murderer
2Genre:Psychological-thriller
3Waktu rilis:a.     14 September 2006 (Jerman)

b.       4 Oktober 2006 (Prancis)

c.     24 November 2006 (Spanyol)

d.     27 Desember 2006 (Amerika Serikat)

4Durasi film:2 jam lebih 27 menit
5Bahasa:Inggris
6Sutradara:Tom Tykwer
7Produser:Bernd Eichinger
8Narator:John Hurt
9Sinematografi:Frank Griebe
10Penyunting:Alexander Berner
11Pemain utama:Dustin Hoffman, Ben Whishaw, Alan Rickman, serta Rachel Hurd-Wood
12Penulis film:Andrew Birkin
13Asal kisah:Novel Perfume (1985) karya Patrick Suskind

Sinopsis Perfume: The Story of a Murderer

Film ini bercerita tentang pemuda bernama Grenouille. Pemuda ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, yaitu penciuman yang sangat tajam.

Grenouille bisa mencium aroma apapun, bahkan pada benda yang jauh atau tersembunyi sekalipun. Grenouille terlahir dari keluarga miskin dan hidupnya begitu susah.

Setelah melalui perjalanan hidup yang panjang, akhirnya kini dia berada di Paris. Dia menghirup bermacam-macam aroma yang sebelumnya belum pernah dia cium.

Sampai dia bertemu dengan seorang gadis muda yang cantik, yakni seorang penjual buah. Aromanya harum dan sangat memikat, lain dari yang lainnya. Aroma ini diyakini berasal dari jiwa suci gadis tersebut.

Grenouille sangat tertarik, bukan karena parasnya, tapi karena terpukau dengan aroma tubuh yang khas. Grenouille membuntuti gadis itu, kemudian membunuhnya di tengah kegelapan yang sepi.

Dia menciumi seluruh tubuh gadis itu. Agar aroma itu tetap awet, Grenouille mengoleskan lemak hewan ke seluruh tubuh gadis itu. Setelah itu, lemak diambil dan dimasukkannya kembali ke dalam botol kaca.

Sejak saat itu, Grenouille bertekad keras untuk mencari gadis cantik lainnya. Tujuan utamanya adalah untuk mencari aroma serupa dengan aroma tubuh gadis penjual buah yang telah dibunuhnya.

Selama petualangannya, Grenouille telah berhasil membunuh 24 gadis cantik. Semua aroma tubuh dari gadis-gadis itu diawetkan dalam botol kaca simpanannya.

Puncaknya, Grenouille berhasil membunuh putri bangsawan bernama Laura. Sayangnya, aksi Grenouille kali ini berhasil diketahui oleh ayah Laura.

Singkatnya, Grenouille dipenjara dan dijatuhi hukuman mati. Saat ia mendekam dalam ruang penjara, dia meneteskan parfum racikan yang berasal dari 25 mayat gadis yang sudah dia bunuh.

Para penjaga penjara kemudian mencium aroma tersebut dan mulai takjub.

Kemudian, tiba saatnya Grenouille ada di tengah-tengah seluruh penduduk kota. Mereka tidak sabar menyaksikan Grenouille mati digantung.

Namun tiba-tiba kejadian aneh mulai terjadi. Tepatnya setelah Grenouille meneteskan parfum pada sapu tangan. Semua orang mulai “mabuk kepayang” setelah menghirup parfum racikan tersebut.

Tidak terkecuali para eksekutor dan pendeta yang berada di sana. Semua mulai hilang kesadaran, mereka seolah berada di dunia lain, dunia khayalan.

Mereka mulai mengikuti sumber aroma parfum, yaitu Grenouille. Grenouille pun mulai dikerubuti orang-orang, mereka menciuminya, bahkan sampai memakan hidup-hidup tubuh Grenouille. Akhir hidup Grenouille pun tragis dan terkesan konyol.

Daftar Penghargaan Film Perfume

  1. Bambi Awards, tahun 2006.
  2. Bavarian Film Awards Prize, tahun 2006. Kategori Best Director & Best Production Design.
  3. CinEphoria Awards, tahun 2010. Kategori Top Films of the Decade.
  4. European Film Awards, tahun 2007. Kategori European Cinematographer.
  5. German Film Awards, tahun 2007. Kategori:
  6. Best Cinematography
  7. Best Editing
  8. Best Production Design
  9. Best Costume Design
  10. Outstanding Feature Film
  11. Best Sound
  12. Jupiter Award, tahun 2007. Kategori Best German Film and Best German Director.
  13. Prix d’Excellence Film Eropa, tahun 2007.
  14. Carlo Di Palma European Cinematographer Awards, tahun 2007.
Loading...

Reply