Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kamu Harus Tahu, Berikut 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

image via https://skata.info

Menurut KBBI psikologi adalah suatu ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku.

Namun, tahukah kamu bahwa ilmu psikologi itu luas dalam beberapa pandangan? Salah satunya adalah teori kepribadian yang dikembangkan oleh ahli filsafat Yunani Hippocrates dan disempurnakan oleh Galenus.

Sementara kepribadian sendiri merupakan sikap yang membedakan seseorang dengan orang lain.

Seseorang biasanya mengenal kepribadian orang lain dengan menganalisis sikapnya dan dicocokan dengan 4 tipe kepribadian manusia menurut psikologi.

Mengenal kepribadian seseorang berfungsi untuk membantu memahami karakter lawan bicara,

Dapat membantu kita untuk berintrospeksi diri ke arah yang lebih baik dan bisa memposisikan diri saat berbicara atau bersikap pada orang lain.

4 tipe kepribadian manusia menurut psikologi ini memiliki ciri khas berbeda antar satu sama lainnya.

Hal inilah yang membuat setiap kepribadian seseorang unik dan sering membuat kesalahpahaman jika tidak bisa memahami karakter lawan.

Biasanya, seseorang bisa memiliki kepribadian lebih dari satu. Hal inilah yang selalu membedakan sikap seseorang dengan orang lain.

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

Dalam teori yang dikembangkan oleh Hippocrates-Galenus ini ada 4 tipe kepribadian manusia menurut psikologi.

4 tipe kepribadian ini sudah mulai dikenal manusia dan berikut akan dibahas tentang kepribadian tersebut.

Kepribadian Koleris

Kepribadian pertama yang akan dibahas adalah koleris. Sebagian orang sepertinya sudah tahu bagaimana tipe kepribadian ini.

Koleris sendiri selalu diartikan dengan tipe kepribadian yang memiliki arti sikap semangat dan selalu optimis.

Biasanya, seorang yang korelis digambarkan dengan ketegasan dan biasanya ada pada ssosok seorang pemimpin.

Selain itu, seseorang yang mempunyai kepribadian koleris juga senang membuat keputusan, aktif, senang memimpin, biasanya sering mencari solusi secara cepat dan berkemauan keras untuk mencapai tujuan.

Biasanya, seseorang yang memiliki kepribadian ini mempunyai slogan dalam hidup yaitu, ‘hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini’.

Sehingga, biasanya kepribadian yang punya julukan ‘si kuat’ ini sering dipandang keren oleh orang lain.

Tak hanya itu, si korelis ini juga sangat berani dalam menghadapi tantangan dan masalah, punya visi kedepan dan selalu berfokus pada produktivitas.

Namun, selain hal di atas ada beberapa kelemahan bagi ‘si kuat’ ini, yaitu senang memerintah, terlalu terpacu pada hal yang serius, sehingga lupa bahwa dia juga butuh waktu santai dan menyenangkan.

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian koleris juga terkesan mudah marah, terkesan tidak sabaran, tidak suka bertele-tele,

sering kali tidak bisa menunda keinginan, menyukai pertengkaran, sulit mengakui kesalahan dan sulit untuk meminta maaf pada orang lain.

Salah satu si korelis juga ahli dalam mengakali orang lain. Nah, apakah kamu tipe orang yang seperti ini?

Kepribadian Melankolis

Tipe kepribadian manusia menurut psikologi yang selanjutnya adalah melankolis.

Tipe ini biasanya memiliki karakter yang cenderung bersikap rapi, terencana, teratur dan mampu mempertimbangkan segala sesuatu dengan melihat hal-hal kecil.

Biasanya, untuk mengenal seseorang yang mempunyai kepribadian ini, kamuhanya perlu melihat kondisi kamarnya.

Jika kondisi kamarnya sangat rapi, tertata dan bersih bisa jadi dia mempunyai kepribadian ini.

Bisa juga melihat dari akademisnya, orang melankolis cenderung cerdas dan suka mencari tahu jawaban sampai dia menemukan jawaban yang mendalam.

Karena tentulah si melankolis menginginkan kesempurnaan dalam jawabannya.

Melankolis sendiri sering mendapat julukan ‘si sempurna’, karena melihat dari sikapnya yang selalu ingin perfeksionis dan serba teratur.

Namun, dari semua sikap sempurnanya itu, si melankolis juga punya sisi kelemahan.

Seperti, sering kali gampang perasa, sering merasa khawatir, suka memendam.

Kepribadian Sanguinis

Seseorang yang memiliki kepribadian yang satu ini biasanya selalu mendahulukan perasaan daripada pemikiran, dia selalu bersikap ramah dan bersemangat jika bertemu dengan seseorang.

4 tipe kepribadian manusia menurut psikologi ini sering banyak dicintai orang lain, akibat dari sikap humblenya.

Sanguinis juga sering disebut ‘si populer’ yang sangat tidak suka pada kesedihan dan selalu mencari cara untuk terus bahagia.

Biasanya, dia juga sangat suka berkumpul dengan teman-teman dalam kondisi yang ramai, sangat suka kebersamaan, biasanya ceria dan selalu dipenuhi rasa ingin tahu yang tinggi.

Si populer juga biasanya sangat senang dengan pujian, kekanak-kanakan, berhati tulus, mudah memaafkan dan juga sering dicemburui orang lain karena semua sikapnya ini.

Namun, dari semua yang dijelaskan di atas, salah satu dari 4 tipe kepribadian manusia menurut psikologi ini juga memiliki kelemahan.

Seperti, dia cenderung tidak mudah mengingat hal-hal secara terperinci, terlalu mudah ditipu, tidak terorganisir, susah untuk diam,

ia kerap kali juga mudah dikendalikan oleh keadaan atau orang lain, merasa sebagai orang tanpa kesalahan, mementingkan diri sendiri dan suka menyela.

Kepribadian Plegmatis

Satu lagi tipe kepribadian dari 4 kepribadian manusia menurut psikologi, yaitu plegmatis. Biasanya, tipe kepribadian ini sering dijuluki dengan julukan ‘si cinta damai’.

Seseorang dengan tipe kepribadian ini sangat tidak suka pada kekerasan, dia selalu punya sikap cinta damai dan sering menyebarkan kebahagiaan lewat humor-humornya.

Hal yang paling menonjol dari orang yang punya kepribadian ini adalah tidak mudah terpengaruh oleh orang lain dan tidak ingin terlihat populer.

Biasanya, dia cenderung tidak akan ikut campur dalam hal yang dirasa tidak penting.

Si cinta damai ini juga sangat suka ketenangan, tidak suka konflik, suka mengalah, dan memiliki rasa toleransi yang tinggi.

Jika dihadapkan pada suatu masalah, orang yang mempunyai tipe kepribadian ini lebih senang mencari solusi dengan damai dan diselesaikan dengan tenang.

Meski terlihat sebagai tipe kepribadian yang paling tenang-tenang saja, tapi kepribadian yang satu ini cenderung sulit menentukan pilihan.

4 tipe kepribadian manusi menurut psikologi yang terakhir ini juga selalu kurang antusias pada perubahan atau kegiatan baru.

Dia juga sangat kurang dalam memotivasi diri, lebih suka menjadi penonton daripada pemain, tidak senang didesak, terlalu santay, kurang berorientasi apda tujuan dan sering kesulitan dalam mengambil keputusan serta sering menunda-nunda.

Kepribadian yang satu dengan yang lainnya memiliki ciri khas masing-masing, sehingga menjadikan sikap seseorang memiliki keunikannya.

Dalam 4 tipe kepribadian manusia menurut psikologi ini biasanya tidak hanya satu kepribadian yang ada dalam manusia itu sendiri, melainkan gabungan dari kepribadian-kepribadian yang sudah dibahas.

Nah, dari keempat tipe kepribadian diatas, yang manakah yang sesuai dengan kepribadianmu? Dan adakah sikap yang perlu kamu ubah?

Leave a Reply